O.C.D.S

SEKILAS TENTANG OCDS

OCDS merupakan suatu wadah dari Kepausan untuk menggali ajaran Karmel bagi kaum awam agar dapat memiliki, menikmati dan menghayati Spiritualitas Karmel melalui jalan : Kemiskinan, Ketaatan dan Kemurnian.

OCDS bukan suatu organisasi tapi suatu komunitas yang memiliki anggaran dasar.

Karmel adalah sesuatu yang “indah”, oleh karena Hidup Karmel itu sendiri yang merupakan suatu 

  1. Komunitas shering
  2. Komunitas kontemplatif
  3. Komunitas doa

Misi OCDS

Menyebarkan semangat doa dengan berlandaskan pada Kitab Suci dan pengalaman hidup rohani

Menanamkan nilai-nilai dalam diri sendiri (berdasarkan spiritualitas Karmel) dan kemudian menyebarkan nilai-nilai tersebut dalam keluarga dan masyarakat.

PANGGILAN OCDS / ORDO III KARMEL TAK BERKASUT

Pada dasarnya panggilan cara hidup Kekristenan dibedakan atas:

  1. Umum : melalui sakramen babtis
  2. Khusus : menjalani hidup sebagai orang terpanggil

OCDS merupakan panggilan khusus bagi para awam melalui panggilan Karmel untuk mendalami pengetahuan mengenai sejarah Karmel, sehingga diharapkan melalui pengenalan sejarah Karmel dapat dilestarikan warisan hidup dan tradisi para pendahulu, baik dari sudut pandang kuantitatif (secara riil / fisik menjadi bagian dari komunitas Karmel) maupun  secara kualitatif (secara rohani mewarisi tradisi dan spiritual Karmel).

KEANGGOTAAN:

Terbuka bagi siapapun yang mendapat “panggilan Karmel” untuk bergabung dalam ordo ke-3 Karmel (baik awam, biarawan / biarawati maupun imam di luar Ordo Karmel).

Syarat :

  1. Orang Katolik yang telah dipermandikan
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Memiliki komitmen
  4. Bersedia menaati peraturan OCDS

Tuntutan :

  1. Adanya perubahan
  2. Tidak boleh ada skandal

Tahap-tahap keanggotaan OCDS :

  1. Simpatisan : Mereka yang tertarik, bersimpati atau berminat bergabung dengan OCDS, ditandai dengan menghadiri pertemuan komunitas simpatisan seperti Komunitas Sahabat Santa Teresa.
  2. Aspiran : Para simpatisan yanga telah secara resmi meminta dan diterima menjadi OCDS

Tahap-tahap formasi : proses formasi dalam Karmel Sekulir melalui tiga jenjang utama yaitu :

  1. Masa aspiran berlangsung selama 1 (satu) tahun terhitung sejak dimulainya program formasi sampai selesai. Aspiran yang telah menyelesaikan program formasi untuk setahun dapat mengajukan permohonan untuk memasuki masa novisiat.
  2. Masa novisiat : Novis adalah seorang yang kepadanya telah dikenakan skapulir Bunda Maria dari Gunung Karmel dan menjalani 2 (dua) tahun formasi. Bila masa ini terlampaui, novis dapat mengajukan permohonan untuk mengikrarkan janji sementara.
  3. Masa Janji sementara : periode ini berlangsung selama 3 (tiga) tahun yang mengarahkan calon sampai pada tahap pengikraran janji kekal.

Setiap masa formasi dapat diperpanjanag dengan memperhatikan kebutuhan calon. Masa aspiran dan novisiat dapat diperluas untuk satu tahun pada setiap jenjang. Sementara masa janji sementara dapat diperpanjang maksimum hanya untuk dua tahun.

Responses

  1. Bagaimana menjadi anggota OCDS,tetapi masih status karyawan perusahaan? Terima kasih

  2. OCDS adalah salah satu dari 3 bentuk keanggotaan inti Ordo Karmel Tak Berkasut.

    Seseorang yang dipanggil untuk hidup dalam spiritualitas Karmel dan menanggapinya dapat bergabung dalam ordo. Ada yang yang dipanggil untuk hidup dalam biara, ada yang dipanggil untuk hidup sekular di luar biara.

    Khusus untuk anggota dari kalangan di luar biara / sekular, tidak ada perbedaan yang mencolok dengan awam lain pada umumnya, tapi ada hal-hal dalam panggilannya yang mewarnai hidup sekularnya, yaitu :

    1, Wajib bermeditasi minimal 30 menit sehari, dimana lamanya dapat diatur sejalan dengan kesibukan sebagai orang awam, misalnya 1×30 menit atau 3x 10 menit.

    2. Berdoa brevier setiap pagi dan malam

    3. devosi pada Bunda Maria, bisa dalam bentuk memakai skapulir, Rosario, dll namun yang terpenting adalah devosi dalam bentuk Meditasi. Karena dengan bermeditasi berarti menyadari kehadiran Kristus di dalam hati, seperti Bunda Maria menyimpan semua peristiwa Yesus dalam hatiNya.

    4. Pertemuan rutin anggota OCDS minimal 1x per bulan.

    OCDS tidak membuat anggotanya menjadi hidup terpisah dengan kehidupan rutinnya, ia tetap sebagai awam dengan segala aktivitasnya, namun sebagai OCDS, segala sesuatunya dihidupi oleh semangat Karmel seperti yang diajarkan dan diteladani oleh tokoh-tokoh Karmel, antara lain : St Teresa Avila, St Teresa Lisiux, St Yohanes Salib dll.

    Jadi untuk siapapun yang tertarik, dan ingin mengenal Spiritualitas Karmel dapat dimulai dengan mengikuti pertemuan Sahabat Santa Teresa terdekat.

    Untuk daerah Bandung – Lembang dan sekitarnya
    dapat datang langsung di :
    Tempat : Rumah Retret Karmel – Lembang
    Waktu : Hari Minggu, minggu ke 3 setiap bulannya
    Jam : 13.00

    GBU

    • saya berminat mengikuti bentuk komunitas ini…bagaimana caranya ? adakah lokasi yang terdekat dengan domisili saya di Bogor ? terima kasih…

  3. Mantap dan mencerahkan ulasan-ulasan dalam Blog ini. Teruskan menggali arti keberadaan OCDS dalam Konstitusi OCDS. Salam dalam persaudaraan Ordo Karmel Tak Berkasut.

  4. saya berminat mengikuti OCDS…tetapi saya bertempat tinggal di Bogor, dimana lokasi yang bisa saya ikuti ???

    • saudara Johan ytk,

      Pertemuan OCDS untuk Jawa Barat, baru diadakan di Lembang.

      Menurut rencana Delegatus Vikaris untuk Indonesia Rm Adam OCD, akan berkeliling Indonesia dalam kaitan memperkenalkan OCDS, semoga Bogor juga bagian dari kunjungan tsb.

      Sementara itu saudara Johan bila berkesempatan dapat mengunjungi pertemuan di Lembang, siapa tahu anda terpanggil untuk merintis pertemuan seperti ini di Bogor, tentu saja akan diupayakan ada bimbingan dari Romo OCD, seperti awal nya pertemuan kami yg di Lembang ini.

      Salam persaudaraaan

    • terima kasih atas infonya……semoga suatu saat saya dapat mengikuti pertemuan di Lembang…..mohon maaf, rumah retret-karmel Lembang di jalan apa ? supaya lebih jelas, mohon informasikan alamatnya…..terima kasih.

  5. Rumah Retret Karmel : Jl Karmel I/112 Lembang.Lokasi jalan bisa dari jalan menuju Gua Maria Karmel Lembang, masuk dari jalan tepat disebelah hotel Pesona Bambu (sebelum pasar buah, Lembang.

  6. Saya juga tertarik… saya tinggal di Solo, adakah pertemuan terdekat dari kota Solo?

    • Saudara Agustinus Widianto,
      Bila saudara tertarik menimba spiritualitas OCDS, silahkan menghubungi para pastor OCD, Rumah Karmel St.Theresia Liseux di jalan Kali Urang KM 6,5 Gang Sindoro, depan Batalion atau masuk dari Fina Sport. Hub.T;lp.0274 889351.

  7. Salam kenal,
    Saya tertarik dengan komunitas SCDS diatas. Dimanakah saya bisa mendapatkan informasi tentang OCDS di daerah surabaya?

  8. Salam kenal saya tinggal di daerah Jakarta Timur, saya tertarik dgn OCDS ini. Dimanakah saya dpt bergabung. Tq

    • untuk Jakarta belum terbentuk, mungkin sementara bergabung ke Lembang

  9. Selamat siang. Saya ingin menjadi biarawan, dan tertarik pada OCD. Pada siapakah saya dapat menghubungi Romo/Frater OCD yang menangani panggilan, untuk mendapatkan informasi lengkap? Saya belum menemukan website OCD Indonesia yang memiliki informasi tentang panggilan. Saya mohon bantuan Saudari/a. Terima kasih. Tuhan memberkati.

    • Silahkan menghubungi para pastor OCD, Rumah Karmel St.Theresia Liseux di jalan Kali Urang KM 6,5 Gang Sindoro Jogjakarta, depan Batalion atau masuk dari Fina Sport. Hub.Telp.0274 889351.

      • Selamat sore. Terima kasih atas bantuannya. Saya sudah mencoba menghubungi nomor tersebut, namun selalu tidak ada yang menjawab. Apakah ada nomor telepon lainnya? Terima kasih.

  10. Halo OCDS,
    Saya tinggal di daerah Depok, Jawa Barat, dan berniat untuk bergabung dengan Ordo ketiga OCD. Bolehkah Saya mendapat informasi, mengenai pertemuan OCDS di minggu ketiga setiap bulan, apakah harus menginap? Lalu, bagaimanakah masa novis bagi anggota OCDS, apakah harus tinggal di Novisiat OCD?

    Terima kasih.
    Salam,
    Syahril

    • Salam Sdr Syahril, untuk pertemuan tidak haarus menginap, hanya sekitar 3 jam bersama


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: